//
SALAM Laboratorium Pendidikan Dasar

SALAM (Sanggar Anak Alam) meyakini, bahwa untuk menyelenggarakan pendidikan tidaklah cukup hanya dilakukan di dalam ruang kelas antara guru dan anak. Maka diperlukan proses belajar yang secara holistik melibatkan orang tua murid dan lingkungan setempat. Dengan demikian belajar juga merupakan gerakan untuk menemukan nilai-nilai serta pemahaman hidup yang lebih baik― itulah hakekat dari “Sekolah Kehidupan”.

SALAM meyakini, bahwa pendidikan dasar juga merupakan fondasi penting untuk meletakkan sistim berfikir dan sikap yang terbangun sejak anak-anak untuk memahami potensi dan probematika serta realitas kehidupan untuk bekal di masa mendatang.

Maka SALAM, berupaya untuk menciptakan ruang bagi anak untuk leluasa melakukan eksperimen, eksplorasi dan mengekspresikan berbagai temuan pengetahuan dengan memanfaatkan lingkungan di sekitarnya sebagai media belajar.

Untuk masuk menjadi siswa SALAM tidak rumit dan berbelit-belit, yang utama orang tua murid mengikuti dialog dengan pengurus sebelum pada akhirnya menyepakati berbagai persyaratan prinsipil yang harus diikuti oleh orang tua/Wali Murid.

SALAM fokus menyelenggarakan sarana Taman Belajar untuk anak-anak:

  1. Taman Bermain (usia 2-4 tahun)
  2. Taman Anak (usia 4-6 tahun)
  3. Sekolah Dasar (usia 6 tahun ke atas)
  4. Sekolah Menengah Pertama

Forum Orang Tua

Merupakan sarana komunikasi antar orang tua, guru dan penyelenggara SALAM untuk memperoleh pemahaman bersama tentang proses belajar yang dilakukan oleh anak-anak. Forum Orang Tua juga menjadi sarana tukar pengalaan masing-masing orang tua serta guru terkait dengan perkembangan anak serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar mengajar baik di SALAM maupun di rumahnya masing-masing.

Kerabat SALAM

Ruang bagi siapa saja yang ingin bergabung dalam Komunitas SALAM untuk membangun gerakan (movement) pentingnya pendidikan dasar untuk perubahan yang lebih baik.

  1. Volunteer (relawan): menjadi fasilitator anak-anak maupun masyarakat di sekitar SALAM
  2. Menjadi donatur untuk :
  • bea siswa anak-anak yang tidak mampu
  • pengembangan sarana belajar
  • kesejahteraan guru
  1. Mengembangkan usaha-usaha ekonomi produktif sebagai alternatif sumber pendanaan SALAM
  2. Menyelenggarakan workshop serta proses-proses pendidikan untuk internal maupun umum, terkait dengan pilihan issue SALAM: pangan, kesehatan, energi dan seni budaya
  3. Membangun Jaringan (networking) untuk distribusi produk-produk organik Kerabat Salam

 

 

Diskusi

25 thoughts on “SALAM Laboratorium Pendidikan Dasar

  1. Thaks saya dikirimi email ttg Salam.PF buat blog Salam.. maju terus! Buat bu Wahya, saya tambah salut berat dengan Ibu. Sepertinya saya harus sering-sering ke Salam buat belajar. Cita-cita pingin buat sanggar seperti itu juga di Smg, tapi apa mampu ya… salam buat teman2 di Salam.

    Posted by henny | Agustus 9, 2007, 12:51 am
  2. saya pengen tau ada berapa jumlah dukun bayi yang ada di kasihan bantul…makasih…

    Posted by cha | Desember 10, 2007, 11:05 am
  3. maju terus kang

    Posted by heri | Januari 17, 2008, 9:54 am
  4. apakah masih ada sanggar yang jauh kurang berkembang dibanding SALAM?saya sangat ingin tau..makasii

    Posted by dhita | Januari 22, 2008, 7:09 am
  5. .saya mau nanya gambar yang di atas itu di ambil pada tahun berpa ya.ko kliatan-nya udah tua banget.ni homz-ya Mbah Manten kan

    Posted by arti | Juni 20, 2008, 4:48 am
  6. ku tau lawen coz ku pernah berkunjung ke situ but ku g tau kalau disana ada sekolah alam yang usianya sama dengan usiaku! sekarang siapa aja yang mengelola

    Posted by owee | Juni 27, 2008, 4:24 am
  7. awuuuuuuuuuuuuuuuu

    Posted by atun | Juni 29, 2008, 12:40 pm
  8. Lawen yang dulu dengan lawen yang sekarang sudah sngat berbeda! lawen yang dulu begitu desoooo,sekarang sudah maju.beda sekali dengan keadaan lawen yang dulu.

    Posted by DinAtun | Juni 29, 2008, 12:49 pm
  9. Buat kawan2 Lawen…tunggu ya nanti ada halaman khusus Lawen plus foto2 tentunya….
    SALAM…

    Posted by salamjogja | Juli 11, 2008, 1:39 am
  10. Salut buat SALAM….Proficiat buat teman-teman SALAM yang masih setia dengan amazing idealism-nya tentang pendidikan..
    Walaupun tidak aktif lagi dengan komunitas SALAM dan kegiatannya, melihat dan mendengar cerita tentang salam sampai saat ini, membuat saya masih merasa menjadi warga SALAM, dan selalu merindukan interaksi yang pernah saya alami….

    salam hangat selalu..

    Posted by soson | Oktober 9, 2008, 9:31 am
  11. saya pengin kenal sama sukarelawan salam
    kalo saya mau buat yg seperti itu di daerah saya di jawa timur
    gimana ya?

    Posted by dinastiar | Desember 25, 2008, 2:37 pm
  12. Salam…
    Saya sangat terkesan dengan kegiatan yang dilakukan oleh SALAM. Semoga tidak pernah bosan berbagi dan melakukan kebaikan untuk sesama.. Suami saya juga seorang relawan guru di suku Kajang yang terpencil di kabupaten di Sulsel. Semoga kalian semua diberkahi berkat selalu. GBU

    Posted by Ni Nyoman Anna M | Januari 15, 2009, 9:52 am
  13. bravo….sanggar anak alam.

    Posted by d'udien | Maret 16, 2009, 2:00 am
  14. menarik untuk dipublikasikan, tolong kalo ada event saya dikasih tahu, ato press release dan foto dikirim ke saya, saya bantu publikasi

    Posted by eno bedrock | April 5, 2009, 1:19 am
  15. Apakah SALAM butuh Relawan?.Saya dg senang hati siap membantu.Hubungi email saya.

    Posted by nona | Juni 18, 2009, 4:14 pm
    • bagi anda semua yang tertarik menjadi Volunteer di SALAM Jogja, silakan saja hubungi e-mail:s_anakalam@yahoo.com
      atau langsung saja datang ke Nitiprayan. kita bisa ngobrol untuk mencari tahu apakah ada kecocokan. maturnuwun.

      Posted by salamjogja | Juni 19, 2009, 1:06 am
  16. Saya dan keluarga ada rencana pindah ke Yogya, sekarang masih di Jakarta. Saya juga mencari2 sekolah yang baik untuk anak saya yg baru 4,5 th. Apakah bisa jika kami sewaktu2 datang melihat kegiatan di Salam? Saya ingin melihat langsung seperti apa proses belajar di sana. Di mana kira2 letaknya ya? Ancer2 jalan menuju sana apa? Kami sepertinya dari arah selatan perempatan Dongkelan. Mohon dijawab via email saya. Terimakasih.

    Posted by mama nyanya | Agustus 7, 2009, 7:07 am
  17. salam ya salam… semoga senantiasa diberi berkah n kemanfaatan…

    Posted by saluuut!!! | Oktober 23, 2009, 11:38 am
  18. saya tertarik. setelah selesai beberapa tanggung jawab, saya ingin ikut gabung jadi volunteer

    Posted by krisna | November 6, 2012, 6:51 pm
  19. assalamualaikum ..
    salam mw tanya dong di salam menerima mahasiswa untuk peneltian skripsi g yah ?
    terimakasih

    Posted by azka | Februari 3, 2013, 5:48 am
  20. Salam, saya berencana pindah dari Jakarta ke Jogja dan tertartik untuk menyekolahkan anak saya di sini. Boleh informasi mengenai syarat pendaftaran dan biayanya. Anak saya akan berusian 6 tahun di bulan Agustus, apakah ia boleh masuk SD. Terima kaih.

    Posted by mia amalia | Juli 1, 2014, 3:11 am
    • Syarat pendaftaran :
      Wawancara : orang tua sepakat dengan model belajar di SALAM & mau bkerjasama dalam proses (bukan sekedar menitipkan)
      syarat lain : foto 3×4 3 lb, isi form pendaftaran, biaya nanti kami kirim ke e-mail…

      Posted by salamjogja | Oktober 3, 2014, 2:16 am
  21. Pendidikan yang benar adalah pendidikan yang mendekatkan anak pada dunia nyata tanpa mengebiri impian dan daya imajinasinya. Bravo buat Sanggar Anak Alam Jogjakarta.

    Posted by Chandra Saputra | Juli 11, 2016, 11:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: