//
you're reading...
Kegiatan SALAM

“Sportivitas adalah nyawa dari keadilan” Turnamen Sepak Bola Tingkat Sekolah Dasar Piala Letto

5976_1082378988413_1494489475_30227797_2206015_n[PRESS RELEASE]

“Sportivitas adalah nyawa dari keadilan”
Turnamen Sepak Bola Tingkat Sekolah Dasar Piala Letto

Letto pada umur yang ke-empat di album ke tiga ini, mulai memikirkan untuk terlibat secara langsung di tengah masyarakat. Pilihan keterlibatan itu tentu tidak mudah untuk posisi Letto sekarang. Hal ini berkaitan dengan waktu dan konsentrasinya di dunia musik, aktivitas ini sudah sangat menyedot waktu luang Letto. Namun Letto juga menyadari bahwa keterlibatan di tengah masyarakat dirasa penting, karena Letto perlu belajar tentang dinamika masyarakat, fenomena serta berbagai hal terkait dengan pendidikan maupun gerakan masyarakat. Maka Letto mengusahakan untuk meluangkan waktu untuk membangun media yang tepat agar bisa bersentuhan dengan masyarakat.

Salah satu media yang saat ini sangat apresiatif untuk kegiatan tersebut adalah diadakannya Turnamen Sepakbola piala Letto yang diadakan di Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan ini dipandang positif karena sepakbola bukan hanya sekadar kegiatan olahraga namun juga serta merta bersentuhan langsung secara menyeluruh dengan unsur-unsur masyarakat. Apalagi kegiatan ini melibatkan sekolah-sekolah dasar di wilayah tersebut,tentunya keterlibatan guru dan orang tua dan masyarakat setempat sangat kuat.

Menurut Noe letto, ”Kegiatan ini untuk menghidupkan dinamika masyarakat. Bukan juara yang dicari. Kami juga tak menjadikannya ajang mencari fans, bukan ajang cari publikasi karena digelar dipelosok”.

Dalam penyelenggaraan turnamen ini Letto berkolaborasi dengan pemuda desa Lawen yang menamakan dirinya kelompok Anane29, Camat serta kantor P&K Pandanarum. Turnamen Sepak Bola antar SD Piala LETTO bukan ajang mencari juara dan bukan juga ajang mencari fans. Turnamen sepak bola ini digelar LETTO sebagai salah satu cara untuk turut menghidupkan aktivitas sosial masyarakat. Peserta turnamen terdiri dari 16 Kesebelasan yang berasal dari 16 Sekolah Dasar (delapan desa) di wilayah Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Wilayah ini merupakan desa pegunungan di sebelah barat Dieng, yakni Desa Lawen, Pingit Lor, Pasegeran, Sinduaji, Pandanarum, Beji, Pringamba dan Sirongge.

Turnamen Sepak Bola antar SD Piala LETTO akan kick off 13 Juli 2009 dan final berakhir pada 1 Agustus. Rencananya para personil LETTO akan menghadiri partai final untuk penyerahan piala.

Noe Letto menandaskan bahwa kegiatan yang dinamakan “Turnamen Sepakbola antar SD Piala Letto” ini mencoba mengapresiasi konsep pendidikan. Dikatakan juga keberhasilan acara ini tidak di ukur dari terlaksana atau tidaknya kegiatan ini melainkan dari sejauh mana semua elemen mampu bersinergi meningkatkan kualitas manusia dan melahirkan konsep sportivitas, solidaritas, interaksi, dan kepercayaan diri.

Dari konsep itulah turnamen ini memiliki slogan “sportivitas adalah nyawa dari keadilan”.
Adapun pengkategorian turnamen sesuai dengan prinsip dasar sportivitas dan pendidikan,
antara lain :

Tim Sepakbola Terbaik yang akan membawa piala Letto, Tim sepakbola terbaik ini adalah tim yang memenangkan final kejuaraaan turnamen Sepakbola Piala Letto.

Tim favorit pilihan penonton, Penonton berhak memberikan penilaian kepada tim favoritnya yang akan memperoleh penghargaan sebagai Tim Favorit pilihan penonton.

Tim paling sportif, Tim yang memperoleh penghargaan ini berdasar dari pengamatan dewan juri dan tim-tim penilai berdasar pada perilaku yang sportif selama menjalani turnamen.

Tim dengan dukungan terbaik, Pemenang penghargaan ini berkaitan dengan dukungan dari elemen masyarakat yang memberikan dorongan secara positif kepada Tim perwakilannya.

Tim dengan kerjasama terbaik, Kerjasama antar anggota tim baik di luar maupun di dalam
arena pertandingan menjadi bagian penilaian juga yang nantinya akan mendapat penghargaan sebagai Tim dengan kerjasama terbaik.

Tim dengan semangat terbaik, Kalah dan menangnya pertandingan ini serta merta menjadi tolok ukur akan semangat dan tujuan mereka selama mengikuti kejuaraan, Tim dengan semangat terbaik akan mendapat penghargaan khusus dari penyelenggara.

Salam Sportivitas

Toto Rahardjo (0811255306)
Beni (081324359555) panitia lokal

*) Keterangan Foto
Noe saat tampil dalam acara Vote Komodo National Park
di parkir Ambarukma Plaza Yogyakarta


Sekretariat Letto
Jl. Wates, Kadipiro
Gang Barokah 287, Yogyakarta
Telepon : 0811255306 Toto Rahardjo
085743227689 Agus Ampuh Wibowo
081324359555 Beny Dede

About salamjogja

Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ID Sanggar Anak Alam adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan. Didirikan pertama kali tahun 1988 di desa Lawen, Banjarnegara. Kemudian tahun 2000, Salam memulai aktivitasnya di Kampung Nitiprayan, Kasihan, Bantul, sebuah kampung yang terletak diperbatasan antara Kodya Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. SALAM melakukan desain ulang untuk menyesuaikan dengan kondisi di Kampung Nitiprayan. Dibantu oleh beberapa relawan, SALAM mengadakan pendampingan belajar bagi anak usia sekolah, yang kemudian dikembangkan menjadi beberapa aktivitas lain yaitu: 1. Program Lingkungan Hidup: kompos, beternak, daur ulang kertas, dan briket arang. 2. Kegiatan Seni dan Budaya berupa kegiatan teater, musik dan tari. 3. Perpustakaan anak 4. Jurnalistik Anak melalui media Halo Ngestiharjo dan Bulletin SALAM. 5. Pendidikan anak usia dini melalui penyelenggaraan Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak.

Diskusi

One thought on ““Sportivitas adalah nyawa dari keadilan” Turnamen Sepak Bola Tingkat Sekolah Dasar Piala Letto

  1. bravo sepakbola anak-anak Indonesia..!

    Posted by tjontong | Juli 26, 2009, 3:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: