//
you're reading...
Arsip Media

BISA DIKEMBANGKAN DI BANTUL; Produk Pertanian Organik Kian Diminati (Harian Kedaulatan Rakyat, 23/08/08)

BISA DIKEMBANGKAN DI BANTUL; Produk Pertanian Organik Kian Diminati
23/08/2008 07:19:53 BANTUL (KR) – Komoditas pertanian berupa sayur mayur yang biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan ternyata bisa dikembangkan di kawasan Bantul melalui pertanian organik. Ini setidaknya telah dibuktikan petani dari Sanggar Anak Alam (Salam) di Nitiprayan RT 04 Kasihan Bantul. Di lahan seluas 1.000 meter persegi itu, aneka jenis sayuran seperti sawi, pokcay, buncis, selada, lobak, bayam, kangkung, sawi putih, kedelai dan umbi-umbian berhasil dibudidayakan.“Semula memang banyak orang yang meragukan, apa mungkin buncis bisa ditanam di Bantul yang hawanya relatif panas. Tapi ternyata hasilnya cukup memuaskan, hampir 2 bulan sekali kami bisa panen sayuran,” kata Ketua Salam Sri Wahyaningsih kepada KR kemarin. 
Dikemukakan, dalam melakukan budidaya sayur mayur ini pihaknya mempergunakan pupuk organik. Sama sekali tidak memakai pupuk kimia, termasuk pestisidanya. Sebagai pupuk dasar digunakan pupuk padat yang merupakan hasil pengkomposan kotoran hewan dan sampah. Selanjutnya, digunakan pupuk cair (lindi) yang dibuat sendiri.
Budidaya sayuran ini juga tidak membutuhkan perlakuan khusus. Untuk menahan air, di sekitarnya ditanami rumput madu. Bila cuaca terlalu panas, perlu diberi pelindung.
 “Kami menggunakan kulit kacang tanah yang ditaburkan di permukaan tanah untuk melindungi tanaman dari sengatan matahari berlebih,” jelasnya.
Sedang untuk mengurangi serangan hama, dikembangkan konsep polikultur (keragaman). “Dalam satu area kami tidak hanya menanam satu jenis sayuran saja, tapi beragam. Ini salah satu teknik untuk menghindari serangan hama,” imbuhnya.
Produk pertanian organik, menurutnya, memiliki banyak keunggulan. Selain lebih segar, juga menyehatkan karena selama proses budidaya tidak digunakan bahan kimia. Selain itu, dalam keadaan busuk baunya tidak menyengat seperti halnya sayuran yang menggunakan pupuk kimia.
Tak heran bila produk pertanian organik ini banyak diminati konsumen meski harganya lebih mahal. “Peluangnya cukup besar. Di pasaran hasil pertanian organik ini laku keras. Bahkan kami sampai kewalahan memenuhi banyaknya permintaan. Padahal kami hanya menjualnya ke masyarakat sekitar, puskesmas dan beberapa universitas,” ujarnya. Beberapa hotel ada juga yang meminta namun belum bisa dipenuhi karena hasil produksinya masih terbatas.
(R-4)-a
 
 

About salamjogja

Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ID Sanggar Anak Alam adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan. Didirikan pertama kali tahun 1988 di desa Lawen, Banjarnegara. Kemudian tahun 2000, Salam memulai aktivitasnya di Kampung Nitiprayan, Kasihan, Bantul, sebuah kampung yang terletak diperbatasan antara Kodya Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. SALAM melakukan desain ulang untuk menyesuaikan dengan kondisi di Kampung Nitiprayan. Dibantu oleh beberapa relawan, SALAM mengadakan pendampingan belajar bagi anak usia sekolah, yang kemudian dikembangkan menjadi beberapa aktivitas lain yaitu: 1. Program Lingkungan Hidup: kompos, beternak, daur ulang kertas, dan briket arang. 2. Kegiatan Seni dan Budaya berupa kegiatan teater, musik dan tari. 3. Perpustakaan anak 4. Jurnalistik Anak melalui media Halo Ngestiharjo dan Bulletin SALAM. 5. Pendidikan anak usia dini melalui penyelenggaraan Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak.

Diskusi

One thought on “BISA DIKEMBANGKAN DI BANTUL; Produk Pertanian Organik Kian Diminati (Harian Kedaulatan Rakyat, 23/08/08)

  1. Dear Friends,
    Ini tentang : PUPUK ORGANIK NASA
    dari PT. NATURAL NUSANTARA “NASA”
    Berdiri 1 Oktober 2002 di Yogyakarta
    Visi Misi “INDONESIA MAKMUR RAYA BERKEADILAN”
    Slogan Bersama Menuju Masa Depan Lebik Baik
    Bergerak dalam bidang usaha
    DISTRIBUSI PRODUK
    PERTANIAN
    PETERNAKAN
    PERIKANAN
    PERKEBUNAN
    KESEHATAN
    PRODUK KEBUTUHAN SEHARI-HARI
    Dimana Sifat Produknya:
    1. Dibutuhkan Banyak Orang
    Karena sebagian besar masyarakat indonesia berprofesi sebagai Petani.
    2. Berkwalitas
    Produk dari nasa tidak kalah bersaing dengan produk luar negri karena sudah terbukti dengan uji coba di Lab Pantai Pandansimo,bantul.Yogyakarta dimana lahan pasir yang tidak mungkin bisa ditanami karena miskin unsur hara terbukti dengan produk nasa mampu menghijaukan tepi pantai tersebut dengan aneka tanaman/komoditi., dengan hasil yang optimal. Dan sudah diRekomendasi Bapak Ir Anton Apriantono (Mentri Pertanian Indonesia)
    3. Harga Terjangkau
    Yang dimaksud disni adalah bukan mahal atau murahnya tetapi daya beli masyarakat indonesia mampu menjangkaunya.
    4. Sifatnya Produktif
    Maksudnya Dengan memakai produk nasa akan memberikan add value(nilai tambah) bagi penguna. contoh : dulu petani yang belum memakai produk nasa hanya mampu menghasilkan 4Ton/Ha tetapi dengan ditambahnya produk nasa bisa meningkat 2 ton diawal pemakaian(Untuk komoditi padi).
    5. Habis Pakai
    Dengan demikian akan terjadi Repeat Order(pembelanjaan berulang)
    misal jika petani dengan memakai produk nasa ada kenaikan hasil panen maka musim tanam berikutnya petani pasti belanja pupuk lagi dan lagi.
    Sehingga akan menciptakan konsumen yang fanatik dan selalu membeli
    serta terikat sistem. maka OMZET BERKENISAMBUNGAN PENGHASILAN BERKESINANMBUNGAN(PASIF INCOME).
    Untuk pupuk Nasa sudah di Uji coba ditepi pantai pandansimo Yogyakarta dengan jarak 20Km dari bibir pantai. hasil sangat luarbiasa padahal media murni pasir Untuk padi Rojolele mampu hingga 7TON dengan waktu 4,5bulan. bagaimana jika dilahan Normal?! silahkan membuktikannya.!
    Diposkan oleh Seorang Entrepreneur Muda di 22:41 0 komentar
    BAGAIMANA CARA MENJADI AGEN/DISTRIBUTOR NASA
    Bagi siapapun yang tertarik untuk menjadi agen wilayah/distributor produk NASA caranya sangat mudah.
    1. Mengajukan permohonan menjadi distributor kepada PT. Natural Nusantara.
    2. Mengisi Formulir Pengajuan atau mengirimkan data diri via email atau sms.
    3. Membayar Administrasi Rp. 150.000,-
    4. Mengikuti aturan Order
    a)Order wilayah Jawa min Rp. 1.500.000 (Produk sesuai permintaan)
    b)Order wilayah Luar Jawa min Rp. 3.000.000 (Produk sesuai permintaan, ada pengantian jika terjadi kerusakan tanpa menambah biaya sepeserpun.)
    5. Anda sudah sah sebagai distributor resmi NASA dengan adanya bukti Kartu Anggota Distributor.
    Transfer via Bank. Selanjutnya produk akan dikirim ke alamat tujuan tanpa dikenakan bea kirim.
    APA KEUNTUNGAN ?
    PT. NATURAL NUSANTARA (NASA) menyediakan keuntungan dalam bentuk selisih Harga Distributor – Harga Konsumen (HD – HK) sebesar kurang lebih 15% – 20 %.
    Selain daripada itu distributor akan mendapatkan royalty dari prestasi omzet yang tercipta di lapangan.
    Formulir Pendaftaran________
    Nama lengkap_____________
    Alamat surat menyurat______
    Tempat Tanggal Lahir_______
    No KTP_________________
    Telepon_________________
    Jenis kelamin_____________
    status__________________
    Nama istri_______________
    Tanggal lahir_____________
    No KTP_________________
    Nama anak______________
    Tanggal Lahir____________
    No Rek ________________
    Formulir dikirim di email: omyosa@gmail.com

    Diposkan oleh Seorang Entrepreneur Muda di 22:39 0 komentar
    Sabtu, 2008 September 06
    DICARI MITRA AGEN/ DISTRIBUTOR PUPUK NASA
    Kami adalah distributor PT. Natural Nusantara (NASA). NASA bergerak dalam bidang distribusi produk-produk AGROKOMPLEK (Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Kehutanan). Seiring perkembangan tren agro saat ini, terlihat ledakan yang sangat dahsyat di bidang agro khususnya tanaman hias. Melihat fenomena ini, tentu merupakan peluang bisnis yang sangat terbuka sangat lebar bagi siapapun untuk terlibat dalam seluruh rangkaian bisnis ini.
    NASA mempunyai produk-produk yang berkualitas tinggi dan telah banyak teruji di lapangan, termasuk di kalangan penghobi tanaman hias. Berdasarkan kesaksian dari para pecinta tanaman hias yang sudah menggunakan produk NASA, mereka telah membuktikan secara langsung produk-produk NASA dalam membantu proses perbanyakan tunas untuk tanaman jenis aglaonema. Bahkan produk NASA juga membantu dalam proses pembentukan tongkol untuk tanaman jenis anthurium.
    NASA mempunyai keunggulan dalam membantu merangsang pertumbuhan daun, batang, bunga, dan akar. Bahkan dengan penggunaan produk NASA tampilan tanaman menjadi lebih menarik, dan tentu saja secara otomatis turut berperan dalam mendongkrak harga jual.
    Di samping itu NASA juga membantu para penghobi tanaman hias dalam menghindarkan tanaman yang mereka cintai dari serangan busuk akar, jamur, kutu-kutuan, dan penyakit lainnya. Sebab NASA mempunyai produk-produk pengendali hama organik dan agensia hayati berbasis spora.
    Untuk lebih memasyarakatkan produk-produk NASA, kami membuka kesempatan kepada setiap orang untuk bergabung bersama kami sebagai Agen wilayah ataupun distributor resmi NASA di semua daerah di seluruh NUSANTRA.
    ingin liat lebih lengkap buka naturalnusantara.co.id
    Yth. Saudaraku para pecinta agribisnis
    Jika Saudaraku butuh Produk NASA, yaitu berupa pupuk organic, untuk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan bisa pesan ke kami, antara lain untuk wilayah:
    1. Jakarta Selatan, di Agen Rudy Makhyudin RT 11 RW 04 Rawajati, Pancoran Jakarta Selatan atau sms ke 021-91719495
    2. Karawang-Jawa Barat, di Agen Dedy, atau sms ke 085691526137
    3. Garut-Jawa Barat, di Agen Uhud, Malangbong, atau sms ke 081320109152
    4. Garut-Jawa Barat, di Agen Apud, Limbangan, atau sms ke 085216895621
    Terimaksih
    omyosa

    Posted by omyosa | Februari 2, 2009, 6:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: