//
you're reading...
Seni & Budaya

Gejog lesung

 

Pada masa lalu, lesung digunakan oleh kaum ibu petani untuk menumbuk padi. Alat yang digunakan adalah lesung, yang terbuat dari batang pohon yang dilubangi bagian tengahnya; dan alu yaitu alat penumbuk padi yang terbuat dari kayu. Kini, lesung sudah tergeser oleh mesin penggilingan padi. Lesung-lesung yang masih tersisa menjadi barang antik yang mulai diburu kolektor. Di beberapa tempat, lesung masih dipertahankan, tidak untuk menumbuk padi, tetapi diolah menjadi seni gejog lesung. Seperti di kampung Nitiprayan, Kasihan, Bantul, ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Gejog Lesung Niti Budaya memanfaatkan bunyi alu yang menumbuk lesung, dan memadukannya dengan tembang-tembang berbahasa Jawa. (020807@nitiprayan) 

About salamjogja

Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ID Sanggar Anak Alam adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan. Didirikan pertama kali tahun 1988 di desa Lawen, Banjarnegara. Kemudian tahun 2000, Salam memulai aktivitasnya di Kampung Nitiprayan, Kasihan, Bantul, sebuah kampung yang terletak diperbatasan antara Kodya Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. SALAM melakukan desain ulang untuk menyesuaikan dengan kondisi di Kampung Nitiprayan. Dibantu oleh beberapa relawan, SALAM mengadakan pendampingan belajar bagi anak usia sekolah, yang kemudian dikembangkan menjadi beberapa aktivitas lain yaitu: 1. Program Lingkungan Hidup: kompos, beternak, daur ulang kertas, dan briket arang. 2. Kegiatan Seni dan Budaya berupa kegiatan teater, musik dan tari. 3. Perpustakaan anak 4. Jurnalistik Anak melalui media Halo Ngestiharjo dan Bulletin SALAM. 5. Pendidikan anak usia dini melalui penyelenggaraan Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak.

Diskusi

One thought on “Gejog lesung

  1. saya dr majalah jogja education sangat tertarik dengan gejog lesung, kalu boleh kami ingin mengekpose Komunitas gejog lesung niti budaya, untk dapat di tampilkan di majalah, endri Reporter (0274-6888312)

    Posted by endri susilo | Juni 4, 2008, 4:50 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: